Langsa Zero Kasus Covid-19, Ini Imbauan Kapolres Jelang Nataru

Langsa Zero Kasus Covid-19, Ini Imbauan Kapolres Jelang Nataru

Sabtu, 01 Januari 2022 16:01

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Kendati Kota Langsa saat ini sudah berstatus zero kasus atau nol kasus covid-19, kemungkinan munculnya kasus baru saat Nataru tetap harus diwaspadai.

Maka, jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) Tahun 2022, Kapolres Langsa AKBP Agung Kanigoro Nusantoro, SH, SIK, MH mengimbau agar masyarakat tetap berada di rumah.

"Hal ini dilakukan untuk mencegah ledakan kasus Covid-19 seperti yang pernah terjadi," ujar AKBP Agung Kanigoro Nusantoro, SH, SIK, MH, Senin (27/12/2021).

Menurut Kapolres, saat Nataru dipastikan masyarakat banyak melakukan aktivitas dan berinteraksi dengan orang lain.

"Di momen ini, mobilitas masyarakat pun umumnya meningkat," sebut AKBP Agung.

Sebab, tambah Kapolres, tidak sedikit masyarakat yang pulang ke kampung halaman untuk merayakan Nataru bersama keluarga.

Untuk menekan potensi penularan wabah covid-19, pihaknya mengimbau masyarakat merayakan Nataru ini di rumah saja.

"Kita imbau kepada masyarakat pada saat libur Nataru agar stay at home (tetap di rumah) lebih baik lagi," paparnya.

Dikatakan Kapolres, demi ketertiban masyarakat, Polres Langsa bersama jajaran TNI dan Pemko Langsa akan mengawasi penerapan protokol kesehatan (prokes).

Pengawasan prokes itu bakal lebih banyak dilakukan di rumah ibadah serta tempat-tempat wisata yang ada di wilkum Polres Langsa.

Mengapa dua lokasi itu dipilih dalan pengetatan prokes, sebab rumah ibadah dan tempat wisata menjadi titik ramai dikunjungi saat Nataru.

Harapan AKBP Agung, masyarakat yang beraktivitas di tempat ibadah maupun tempat wisata bisa tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Selain penerapan prokes, Polres Langsa bersama unsur terkait lainnya akan mengambil langkah langsung terhadap warga yang terpapar covid-19.

"Ketika nanti ada warga yang teridentifikasi terpapar Covid-19, maka akan langsung diarahkan untuk dikarantina," jelasnya.

Dalam pengetatan prokes nanti, timpal Kapolres, pihak berwajib juga akan mengecek kartu vaksin dari setiap pengunjung objek wosata dan tdmpat ibadah secara teliti.

Kendati telah menyiapkan upaya pencegahan, tentunya Kapolres lebih mengharapkan masyarakat agar tetap di rumah.

Karena dengan mengurangi aktivitas di tempat keramaian, pencegahan penyebaran covid-19 akan lebih maksimal.

Bila masyarakat lebih banyak di rumah, maka kerumunan selama Nataru pun bisa diminimalisir.

Kabag Ops Kompol Dheny Firmandika, S.Ab,SIK, menjelaskan, dalam pengamanan nanti ada penempatan Posko Pengamanan (Pospam) Nataru di Lapangan Merdeka Kota Langsa.

Selain TNI Polri, di Pospam itu juga ada ditempatkan petugas tenaga kesehatan yang ikut membantu mengantisipasi cluster pada masa Nataru ini.

Kompol Dheny merincikan bahwa pihaknya juga mengerahkan 120 personil gabungan yang terbagi di Pos Pam, Gereja, objek wisata, maupun lokasi keramian lajnnya.

Tim gabungan tersebut nanti juga akan melakukan pemeriksaan sertifikat vaksin di objek wisata, tempat keramayan serta jalan lintas Medan - Banda Aceh.

Bagi masyarakat yang belum divksin nanti akan langsung diarahkan ke Klinik Polres Langsa guna dilakukan suntik vaksin.

Kabag Ops juga mengimbau untuk menghindari penyebaran covid-19, jangan lupa tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan, serta menjauhi kerumunan.

Hal itu merupakan langkah pertama dalam mengantisipasi penyebaran dan penularan wabah covid-19. Intinya dengan penerapan prokes yang tepat, maka kita turut mencegah penularan covid-19.

"Penerapan prokes dan vaksinasi menjadi langkah utama dalam pencegahan dan melindungi tubuh dari penularan virus corona tersebut," tutup Konpol Dheny.(*)

Sumber : https://aceh.tribunnews.com/2021/12/27/langsa-zero-kasus-covid-19-ini-imbauan-kapolres-jelang-nataru